Iklan merupakan segala bentuk pesan promosi benda
seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan melalui media,
dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada masyarakat. Pada umumnya iklan
dipasang di berbagai media agar terlihat oleh banyak orang, baik itu media
offline maupun media online. Beberapa media tersebut diantaranya Koran,
Majalah, Tabloid, Televisi, Situs Berita, Blog, Media Sosial, Mesin Pencari,
dan tempat-tempat umum.
Media
luar ruang adalah sebuah iklan yang diletakkan di luar ruangan (outdoor) dan
berisi suatu informasi tertentu dengan tujuan untuk menarik minat masyarakat
umum yang melihat. Masyarakat yang melihat iklan diharapkan dapat
melakukan tindakan sesuai dengan pesan yang disampaikan orang/organisasi yang
mengiklankan. Media luar ruang memiliki keuntungan, yaitu dapat membentuk
awareness masyarakat terhadap produk yang baru, mampu menguasai pasar lokal
dengan lebih baik dan pemilihan lokasi iklan yang fleksibel. [2]
Terlepas dari keuntungan dari media luar
ruang, kelemanan dari media ini turut
ada dan patut digaris bawahi. Media luar ruang membuat pesan yang disampaikan
terbatas dan cenderung tidak banyak disimak, pasar yang tidak ditarget secara
spesifik sebab orang yang melihat belum tentu target pasar yang diinginkan, serta
memerlukan biaya perawatan media iklan.
Saat ini media sosial menjadi arena untuk
memasarkan produk, baik usaha menengah keatas maupun usaha-usaha kecil. Menurut
penelitian yang dilakukan We Are Social, perusahaan media asal Inggris yang
bekerja sama dengan Hootsuite, rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam
23 menit sehari untuk mengakses media sosial.[1]
Dirangkum KompasTekno dari We Are Social,
Kamis (1/3/2018), YouTube menempati posisi pertama dengan persentase 43 persen,
Facebook, WhatsApp, dan Instagram membuntuti di posisi kedua hingga keempat
secara berturut-turut.[1]
Figur
presentase media sosial yang paling aktif diakses pengguna media sosial
Indonesia Januari 2018(We Are Social)
Iklan menggunakan media sosial akan
mempermudah dalam memasarkan produk. Media sosial menawarkan berbagi keuntungan
diantaranya yaitu target yang spesifik. Layanan iklan seperti contohnya di
Google dan Facebook semakin menekankan tayangan iklan pada target pasar yang
potensial berdasar spesifikasi keyword, jenis kelamin, usia, dan minat yang
semua itu sangat bermanfaat untuk beriklan yang efektif dan efisien. Media
sosial bisa dimanfaatkan secara gratis untuk beriklan, seperti instagram,
facebook personal, dan conten SEO.[3]
Sumber
:
[1]
https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia
[3]
https://alifandofla.com/2014/12/22/kelebihan-dan-kekurangan-iklan-di-internet/

No comments:
Post a Comment